Komunikasi Dalam Organisasi

Komunikasi menurut berbagai ahli :

1.    Raymond Ross
Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu penerima pesan membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.

2.    Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk memengaruhi perilaku mereka.

3.    Everett M. Rogers
Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.

4.    Carl I. Hovland
Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain.

5.    New Comb
Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.

6.    Bernard Barelson & Garry A. Steiner
Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.

7.    Colin Cherry
Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.

Kesimpulan : Komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia dalam berinteraksi dengan sesama individu, individu – kelompok, maupun kelompok – kelompok dalam menyampaikan suatu aspirasi atau pendapat dalam mencapai suatu kesepakatan bersama. Komunikasi dapat disalurkan  dengan melalui berbagai macam media.

5 unsur kominikasi menurut Harold Lasswell (1960) :

1.      Who? (siapa/sumber)
komunikator adalah pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi, bisa individu, kelompok, organisasi, maupun suatu negara sebagai komunikator.

2.       Says What? (pesan)
Apa yang akan di sampaikan / dikomunikasikan kepada penerima (komunikan), dari sumber (komunikator) atau isi informasi. Merupakan seperangkat symbol verbal / non-verbal yang mewakili perasaan, nilai, gagasan/maksud sumber tadi.
Ada 3 komponen pesan yaitu :
a. Makna
b. Symbol untuk menyampaikan makna
c. Bentuk / organisasi pesan

3.       In Which Channel? (saluran/media)
Wahana / alat untuk menyampaikan pesan dari komunikator (sumber) kepada komunikan (penerima) baik secara langsung (tatap muka), maupun tidak langsung (melalui media cetak atau elektronik,dll)

4.       To Whom? (untuk siapa/penerima)
Orang / kelompok / organisasi / suatu Negara yang menerima pesan dari sumber. Diesbut tujuan (destination) / pendengar (listener) / khalayak (audience) / komunikan / penafsir / penyandi balik (decoder)

5.       With What Effect? (dampak/efek)
Dampak / efek yang terjadi pada komunikan (penerima) setelah menerima pesan dari sumber, eperti perubahan sikap, bertambahnya pengetahuan, dll.

Fungsi Komunikasi
Pada unsur komunikasi mengirim pesan kepada khalayak disebut komunikator. Sebagai pelaku dalam proses komunikasi, komunikator memegang peranan yang sangat penting terutama dalam mengendalikan jalannya komunikasi. Sehingga pesan tersebut diterima oleh penerima (komunikan) secara baik.


Berikut ini beberapa fungsi komunikasi dalam kehidupan sehari-hari tersebut menurut para ahli :

Menurut Thomas M. Scheidel, “Kita berkomunikasi terutama untuk menyatakan dan mendukung identitas-diri, untuk membangun kontak social dengan orang di sekitar kita, dan untuk mempengaruhi  orang lain untuk merasa, berpikir, atau berperilaku seperti yang kita inginkan”

Menurut Rudolf F. Verderber, “Komunikasi mempunyai dua fungsi. Pertama, fungsi social, yakni untuk tujuan kesenangan, untuk menunjukan ikatan dengan orang lain, membangun dan memelihara hubungan. Kedua, fungsi pengambilan keputusan, yakni memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu pada saat tertentu.”

Proses komunikasi :
- Pembentukan pesan dari pemikiran, perasaan, perilaku pengirim (sender)
- Penyampaian pesan kepada penerima (receiver)
- Mengartikan pesan oleh penerima
- Reaksi dari penerima

Tipe komunikasi :
Klasifikasi komunikasi dalam organisasi yang di tinjau dari beberapa segi :
Dari segi sifatnya :
a. Komunikasi Lisan
    komunikasi yang berlangsung lisan / berbicara
    cth: presentasi
b. Komunukasi Tertulis
    komunikasi melalui tulisan
    Cth: email
c. Komunikasi Verbal
    komunikasi yang dibicarakan/diungkapkan
    cth: curhat
d. Komunikasi Non Verbal
    komunikasi yang tidak dibicarakan(tersirat)
    cth: seseorang yang nervous (gemetar)

Dari segi arahnya :
a. Komunikasi Ke atas
    komunikasi dari bawahan ke atasan
b. Komunikasi Ke bawah
    komunikasi dari atasan ke bawahan
c. Komunikasi Horizontal
    komunikasi ke sesama manusia / setingkat
d. Komunikasi Satu Arah
    pemberitahuan gempa melalui BMKG(tanpa ada timbal balik balik)
e. Komunikasi Dua Arah
    berbicara dengan adanya imbale balik/ saling berkomunikasi

Menurut Lawannya :
a. Komunikasi Satu Lawan Satu
    berbicara dengan lawan bicara yang sama banyaknya
    cth:berbicara melalui telepon
b. Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok)
    berbicara antara satu orang dengan suatu kelompok
    Cth: kelompok satpam menginterogasi maling
c. Kelompok Lawan Kelompok
    berbicara antara suatu kelompok dengan kelompok lain
    Cth: debat partai politik

Menurut Keresmiannya :
a. Komunikasi Formal
    komunikasi yang berlangsung resmi
    cth: rapat pemegang saham
b. Komunikasi Informal
    komunikasi yang tidak resmi
    cth : berbicara dengan teman

Tahapan - Tahapan Cara Menyalurkan Ide Melalui Komunikasi :

  • Ide (gagasan) oleh sender.
  • Perumusan yaitu dalam perumusan ini ide si sender disampaikan oleh kata-kata.
  • Penyaluran (transmitting) yaitu penyaluran ini bisa lisan,tertulis,simbol maupun isyarat,dll.
  • Tindakan yaitu tindakan ini sebagai contoh perintah-perintah dalam organisasi  dilaksanakan.
  • Pengertian yaitu kata-kata si sender dalam perumusan tadi dijadikan ide oleh si penerima.
  • Penerimaan yaitu ide atau informasi ini diterima oleh penangkap berita (receiver).

Dalam membina kerjasama dalam kelompok inilah yang nantinya digunakan dalam rangka membina koordinasi organisasi kesatuan gerak dan arah yang sesuai dengan arah dan tujuan organisasi. Agar tercapai koordinasi dalam kerjasama, pada organisasi itu sangat penting dilaksanakannya komunikasi yang tepat dan se-efektif  mungkin sehingga koordinasi dan kerja sama benar-benar dilaksanakan dengan tepat juga.

Pengalaman dan cara komunikasi dalam organisasi
Disini saya bukan menceritakan pengalaman dalam berorganisasi tetapi komunikasi dalam ruang lingkup pekerjaan yang sedang saya tekuni saat ini. Komunikasi dalam hal pekerjaan sangatlah penting guna memperbaiki kinerja dari masing - masing karyawan sesungguhnya simple, dengan cara meluangkan waktu senggang untuk melakukan briefing efaluasi kerja dari masing-masing tugas yang dikerjakan.
Briefing yang dilakukan terkadang 1 minggu sekali. Memberi masukan saran dan pendapat mengenai kinerja masing – masing, Menceritakan kendala kendala yang dihadapi dalam bekerja dan kemudian diberikan solusi terbaik oleh atasan maupun rekan kerja. Selain dengan cara melakukan pertemuan seminggu sekali kami juga memanfaat media komunikasi melaluhi smartphone masing-masing berunding dalam forum diskusi multichatting dan hasil dari diskusi kemudian di simpulkan oleh atasan. Dengan cara inilah hubungan antara karyawan dan atasan, maupun dengan sesama karyawan akan semakin akrab satu dengan yang lainnya.

Kendala dalam berkomunikasi
Dalam berdiskusi atau berkomunikasi dengan teman kerja pastlah terdapat kendala dalam menyampaikan pendapat. Diantaranya yaitu :

o   Tidak adanya perhatian dari beberapa rekan kerja
o   Salah satu rekan kerja ada yang sakit atau tidak enak badan jadi tidak focus dengan apa yang dibahas
o   Forum diskusi dalam keadaan gaduh / terlalu banyak bercanda
o   Dalam menyampaikan pendapat menggunakan bahasa yang tidak di mengerti
o   Jadwal kerja / pekerjaan yang semakin padat

Source  :
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_definisi_komunikasi
http://blogging.co.id/pengertian-komunikasi-menurut-para-ahli
http://amildanadiyyas1.blogspot.com/2012/12/komunikasi-dalam-organisasi.html

Komentar

Postingan Populer