Perencanaan Dalam Usaha
BAB 1
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Kondisi bisnis dan perekonomian Indonesia yang semakin lama semakin berkembang mnyebabkan persaingan di dunia usaha semakin ketat, kemajuan teknologi yang sangat pesat juga ikut andil dalam persaingan yang pada akhirnya membuat persaingan usaha semakin ketat, tidak sedikit usaha menengah kebawah yang berhenti beroperasi atau bangkrut bahkan tak jarang mereka lebih memilih pekerjaan lain disbanding membangun wirausaha baru,karena membuka usaha baru tentu saja memerlukan modal yangtidak sedikit.
Berdasarkan masalah tersebut saya mengambil sebuah pemikiran untuk membuat sebuah usaha yang memiliki prospek kerja yang cukup bagus dan juga biaya yang murah.
BAB II
BUSSINESS PLAN
a. Visi
Nama Usaha : Molly’s Shops
Pemilik Usaha : Nurul Ramadhani
Alamat Usaha : Pancroan
Contact Person : 021-24356796
dalam hal ini untuk meningkatkan penjualan saya akan menerapkan beberapa teknik, diantaranya :
1) Promosi
Untuk meningkatkan minat dan daya beli masyarakat saya mematok harga yang terjangkau khusunya bagi kalangan menegah kebawah. Selain itu saya juga sering menggelar even-even discount sehingga masyarakat diharapkansemakin antusias.
Dalam bisnis ini saya mendistribusikan barang melalui sistem 2 sistem, yaitu :
- COD ( Cash On Delivery)
- Pengiriman barang melalui Jasa pengiriman barang
BUSSINESS PLAN
Visi dan Misi
a. Visi
- Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
- Pembelian cepat, Aman dan Mudah.
- Memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para customer
- Menyediakan barang yang bagus, berkualitas dan murah
- Kepuasan konsumen merupakan kepuasan bagi kami
- Memberikan akses yang cepat dan mudah
Identifikasi Usaha
Nama Usaha : Molly’s Shops
Pemilik Usaha : Nurul Ramadhani
Alamat Usaha : Pancroan
Contact Person : 021-24356796
Rencana Organisasi
Dalam usaha ini saya akan menetapkan
beberapa manajemen, diantaranya :
Untuk
memaksimalkan pendapatan/keuntungan saya akan memanajemen keungan khusunya
dalam hal aliran dana (cash flow), hal ini untuk memperjelas aliran dana
sehingga dana yang dikeluarkan teralokasi dengan baik.
2. Manajemen Pemasaran
dalam hal ini untuk meningkatkan penjualan saya akan menerapkan beberapa teknik, diantaranya :
1) Promosi
- Brosur
Brosur masih menjadi teknik promosi yang cukup ampuh dan efektif, karena kita tidak memerlukan modal yang terlalu banyak.
- Social media
Promosi melalui media social seperti facebook, twitter, path, google+, dan bbm juga merupakan cara yang sangat ampuh, karena modal yang dikeluarkan nyaris tidak ada sama sekali melainkan hanya modal untuk membeli pulsa/kuota internet
- Promosi dari teman ke teman
2) Harga
Untuk meningkatkan minat dan daya beli masyarakat saya mematok harga yang terjangkau khusunya bagi kalangan menegah kebawah. Selain itu saya juga sering menggelar even-even discount sehingga masyarakat diharapkansemakin antusias.
3. Manajemen Distribusi
Dalam bisnis ini saya mendistribusikan barang melalui sistem 2 sistem, yaitu :
- COD ( Cash On Delivery)
- Pengiriman barang melalui Jasa pengiriman barang
BAB III
DESKRIPSI USAHA
Saya membuka bisnis usaha dibidang penjualan barang secara online, dimana barang-barang yang saya jual memiliki harga yang relative terjangkau, khusunya bagi anak-anak muda yang cenderung memiliki passion terhadap fasion.
Barang-barang yang saya jual juga memiliki kualitas yang bagus, tidak kalah dengan barang-barang branded yang memiliki harga selangit, dan yang tak kalah penting pembeli tidak perlu repot berpanas-panasan untuk melihat barang yang saya jual, tinggal duduk manis dirumah dan melihat barang dari situs online saya.
Melalui usaha ini saya yakin akan mendulang kesuksesan, mengingat daya beli anak muda khusunya untuk dunia fashion sangatlah tinggi, selain itu didukung dengan teknologi yang maju berupa internet sehingga customer tidak perlu repot.
Bidang apa yang akan dijalankan ?
Berdasarkan daripada keahlian serta peluang yang ada, maka saya bermaksudkan untuk membuka usaha dalam bidang perdagangan.
Usaha yang sebaiknya dilakukan?
Setelah melihat dari berbagai sudut pandang, baik dari sudut pandang ekonomi maupun sudut padang lainya sepeti keahlian, karyawan, dan lokasi maka kami memutuskan untuk membuka usaha yang bergerak dalam bidang penjualan online atau biasa disebut online shop.
Peralatan yang diperlukan :
DESKRIPSI USAHA
3.1 Jenis Usaha
Saya membuka bisnis usaha dibidang penjualan barang secara online, dimana barang-barang yang saya jual memiliki harga yang relative terjangkau, khusunya bagi anak-anak muda yang cenderung memiliki passion terhadap fasion.
Barang-barang yang saya jual juga memiliki kualitas yang bagus, tidak kalah dengan barang-barang branded yang memiliki harga selangit, dan yang tak kalah penting pembeli tidak perlu repot berpanas-panasan untuk melihat barang yang saya jual, tinggal duduk manis dirumah dan melihat barang dari situs online saya.
3.2 Prospek Usaha
Melalui usaha ini saya yakin akan mendulang kesuksesan, mengingat daya beli anak muda khusunya untuk dunia fashion sangatlah tinggi, selain itu didukung dengan teknologi yang maju berupa internet sehingga customer tidak perlu repot.
BAB IV
RENCANA PRODUKSI
RENCANA PRODUKSI
Penyusunan Rencana Usaha
Adapun sistematika daripada penyusunan rencana adalah sebagai berikut :
- Bidang apa yang akan dijalankan ?
- Usaha yang sebaiknya dilakukan?
- Memilih lokasi
- Pelaksanaan
Bidang apa yang akan dijalankan ?
Berdasarkan daripada keahlian serta peluang yang ada, maka saya bermaksudkan untuk membuka usaha dalam bidang perdagangan.
Usaha yang sebaiknya dilakukan?
Setelah melihat dari berbagai sudut pandang, baik dari sudut pandang ekonomi maupun sudut padang lainya sepeti keahlian, karyawan, dan lokasi maka kami memutuskan untuk membuka usaha yang bergerak dalam bidang penjualan online atau biasa disebut online shop.
Lokasi
Berdasarkan pada jenis usaha yang akan kami bangun/laksanakan, maka kami berencana membuat lokasi/kantor di daerah pancoran, hal ini kami pilih karena :
Berdasarkan pada jenis usaha yang akan kami bangun/laksanakan, maka kami berencana membuat lokasi/kantor di daerah pancoran, hal ini kami pilih karena :
- Pancoran merupakan salah satu kawasan yang cukup strategis untuk mendirikan kantor. Selain itu juga jalur pendistribusian barang akan semakin mudah karena jalan didaerah pancoran cukup besar dan lebar sehingga memudahkan untuk proses pendistribuasian barang.
- Pancoran merupakan kawasan yang cukup ramai sehingga kami berharap akan banyak pembeli didaerah ini.
- Mudah mencari karyaan/tenaga kerja
- Fasilitas umum seperti transportasi juga cukup memadai sehingga mudah terjangkau
- Belum banyaknya usaha bisnis online (online shop) yang berdiri di kawasan pancoran
Peralatan yang diperlukan :
- Lemari untuk menyipan baju/celana
- Patung untuk memajang baju/celana
- Telepon
- Komputer + internet
- Dekorasi dan hiasan pada toko
- Meja kantor
- Merapikan/menata kantor
- Menyetok barang-barang yang diperlukan untuk keperluan penjualan
- Mencari karyawan
- Memulai usaha.
- Jasa pengiriman barang
- Jasa promosi
- Distributor barang-barang
BAB V
RENCANA PEMASARAN
5.1 Analisa Persaingan Usaha
Metode SWOT
1) Strength (S)
- Barang dagang mudah didapatkan dan harganya terjangkau
- Pendistribusian dari distributor lancar
- Mutu barang bagus
- Harga barang terjangkau dan pengiriman cepat
- Pemesanan mudah
2) Weakness (W)
- Kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap belanja online
- Sulit mencari customer pada tahap awal bisnis
3) Oportunities (O)
- Masih sedikitnya took online di pancoran
- Kesukaan masyarakat kususnya anak muda terhadap fashion
4) Threats (T)
- Munculnya pesaing baru
- Mahalnya biaya jasa pengiriman
Adapun resiko yang mungkin akan didapatkan dalam usaha ini :
6.2 Adapun antisipasinya sebagai berikut :
7.1 Rencana Pengembangan Usaha
Untuk kedepanya jika nanti usaha saya berhasil dan telah berkembang, maka saya berencana ingin menambah kantor cabang sehingga bisa mendatanglkan lebih banyak pelanggan, selain itu juga jika memiliki cabang dimana-mana maka saya bisa dengan mudah mengirim barang ke konsumen berdasarkan kantor cabang terdekat.
Mengenai resiko usaha, maka saya akan berusaha selalu mengecek stok barang dan menjaga barang sebaik mungkin sehingga konsumen tidak kecewa dengan pelayanan toko online saya.
RENCANA PEMASARAN
5.1 Analisa Persaingan Usaha
Metode SWOT
1) Strength (S)
- Barang dagang mudah didapatkan dan harganya terjangkau
- Pendistribusian dari distributor lancar
- Mutu barang bagus
- Harga barang terjangkau dan pengiriman cepat
- Pemesanan mudah
2) Weakness (W)
- Kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap belanja online
- Sulit mencari customer pada tahap awal bisnis
3) Oportunities (O)
- Masih sedikitnya took online di pancoran
- Kesukaan masyarakat kususnya anak muda terhadap fashion
4) Threats (T)
- Munculnya pesaing baru
- Mahalnya biaya jasa pengiriman
BAB VI
RESIKO DAN ANTISIPASI
RESIKO DAN ANTISIPASI
6.1 Resiko
Adapun resiko yang mungkin akan didapatkan dalam usaha ini :
- Barang pesanan habis dan stoknya susah dicari
- Kentungan yang didapat tidak sebanding dengan pengekuaran
- Adanya online shop yang lebih maju dan bagus
- Barang yang dikirim rusak dalam perjalanan
6.2 Adapun antisipasinya sebagai berikut :
- Memeriksa stok barang
- Menyesuaikan harga barang dengan modal
- Selalu memberi pelayanan yang lebih baik.
- Mengemas barang secara rapid an aman.
BAB VII
PENGEMBANGAN USAHA
PENGEMBANGAN USAHA
7.1 Rencana Pengembangan Usaha
Untuk kedepanya jika nanti usaha saya berhasil dan telah berkembang, maka saya berencana ingin menambah kantor cabang sehingga bisa mendatanglkan lebih banyak pelanggan, selain itu juga jika memiliki cabang dimana-mana maka saya bisa dengan mudah mengirim barang ke konsumen berdasarkan kantor cabang terdekat.
Mengenai resiko usaha, maka saya akan berusaha selalu mengecek stok barang dan menjaga barang sebaik mungkin sehingga konsumen tidak kecewa dengan pelayanan toko online saya.
Komentar
Posting Komentar